Desain UI/UX Website Mata Kuliah Tugas Akhir Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Program Studi Manajemen Rekayasa, Institut Teknologi Del)

Main Article Content

Hansel Septiyan Pasaribu
Josua Boyke William Jawak

Abstract

Pada mata kuliah Tugas Akhir, mahasiswa melakukan penelitian akan fenomena atau hal yang ingin diteliti sesuai bidang keahliannya. Saat melaksanakannya terdapat beberapa tahapan proses administrasi seperti penentuan judul, menentukan dosen pembimbing, melaksanakan bimbingan hingga mendaftarkan untuk mengikuti seminar dan sidang penelitian. Manajemen Rekayasa merupakan salah satu program studi di Institut Teknologi Del, yang pelaksanaan administrasi dari mata kuliah Tugas Akhir masih secara manual yang memakan banyak waktu sehingga tidak efisien dan efektif. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain UI/UX website mata kuliah Tugas Akhir yang dapat dipakai untuk menciptakan kemudahan dalam proses administrasi mata kuliah yang lebih efektif dan efisien. Hal ini berdasarkan beberapa tahapan yang dapat dilakukan melalui digital seperti pendaftaran penelitian, bimbingan, hingga pendaftaran seminar dapat dilakukan secara digital. Tampilan dirancang menggunakan tahapan Design Thinking yang terdiri dari 5 tahapan. Empathyze, berisi user persona dan empathy map untuk mengetahui permasalahan yang dialami user. Define, menggunakan POV table dalam mendefinisikan masalah. Ideate, menentukan ideasi digital yang akan diberikan berupa fitur pendaftaran judul, bimbingan, hingga pendaftaran seminar yang dapat dilakukan secara digital. Prototyping, memodelkan solusi dalam berupa tampilan website yang memuat fitur masing-masing pengguna. Testing, evaluasi tampilan menggunakan instrumen system usability scale (SUS) kepada 13 mahasiswa, 4 dosen, 3 asisten dosen dan didapatkan desain tampilan pada nilai A-B dengan nilai penerimaan diterima. Hal ini menunjukkan desain tampilan layak untuk dikembangkan sebagai sistem untuk mata kuliah Tugas Akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pasaribu, H. S., & Jawak, J. B. W. (2025). Desain UI/UX Website Mata Kuliah Tugas Akhir Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Program Studi Manajemen Rekayasa, Institut Teknologi Del). Journal of Integrated System, 7(2), 148–165. https://doi.org/10.28932/jis.v7i2.9757
Section
Articles
Author Biography

Josua Boyke William Jawak, Program Studi Manajemen Rekayasa, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Del, Sumatera Utara, Indonesia

   

References

Ali, M.M. et al. (2022) ‘Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapannya dalam penelitian’, Education Journal.2022, 2(2), pp. 1–6.

Anna, B., Siboro, H., Saputra, D. W., Sinaga, C., and Manik, Y.B.S. (2022). Buku pedoman Persiapan, Pelaksanaan, Pelaporan, dan Evaluasi Kerja Praktik Mahasiswa Program Studi Sarjana Manajemen Rekayasa 2th. Repository: Instiut Teknologi Del

Arifah, L.L. et al. (2023) ‘Perancangan sistem informasi tender bokar menggunakan metode Design Thinking’, KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 3(6), pp. 1140–1152. Available at: https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.798.

Aryanti, R. et al. (2021) ‘Penerapan metode Rapid Application Development dalam pengembangan sistem informasi akademik berbasis web.’, Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika [Preprint]. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31294/p.v23i2.11170.

Ayunita Pertiwi, T. et al. (2023) ‘Perancangan dan implementasi sistem informasi absensi berbasis web menggunakan metode Agile Software Development’, Jurnal Testing dan Implementasi Sistem Informasi, 1(1), pp. 53–66.

Baskoro, M.L. and Haq, B.N. (2020) ‘Penerapan metode Design Thinking pada mata kuliah desain pengembangan produk pangan’, Jurnal Sosial Dan Humaniora, pp. 83–93.

Butarbutar, M. et al. (2023) ‘Business development of digital tenun nusantara (ditenun) using Business Model Canvas and SWOT Analysis’, Business Review and Case Studies, 4(2), pp. 144–156. Available at: https://doi.org/10.17358/brcs.4.2.144.

Ceryna Dewi, N.K. et al. (2018) ‘Rancang bangun aplikasi mobile siska berbasis android’, SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), pp. 100–107. Available at: https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v2i1.291.

Djaelangkara, R.T., Rizal, S. and Oktavian A., La. (2015) ‘Sekolah berbasis web studi kasus sekolah perancangan sistem informasi akademik Menengah Atas Kristen 1 Tomohon’. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.35793/jtek.v4i3.8324.

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX menggunakan metode Design Thinking berbasis web pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111-117. Available at : https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730

Kasri, M.A., Novan, Y. and Ramadhani, I.A. (2021) ‘Penerapan model Design Thinking pada Pengembangan media pembelajaran berbasis macro media flash’, Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 2(2), pp. 60–71. Available at: https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1531.

Kurniasari, E., Safitri, S.R. and Mardiana, M. (2022) ‘Perancangan user persona dan customer journey map sebagai representasi pengguna sistem repository perpustakaan Universitas Lampung’, Journal of Documentation and Information Science, 5(1), pp. 22–31. Available at: https://doi.org/10.33505/jodis.v5i1.176.

Loilatu, S.H., Rusdi, M. and Musyowir, M. (2020) ‘Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam proses pembelajaran’, Jurnal Basicedu, 4(4), pp. 1408–1422. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.520.

Nurdianti, R.R.S. and Widyaningrum, B. (2022) ‘Penerapan bahan ajar digital pada pembelajaran daring mata kuliah Ekonomi Makro’, Equilibria Pendidilan, 7(2), pp. 57–64.

Nurhasanah, A. and Suwartika Kusumadiarti, R. (2024) ‘Perancangan UI/UX Sistem informasi dosen (SIM-DOS Piksi Ganesha) menggunakan metode Design Thinking’, Jurnal Pendidikan Tekonologi Informasi, 4(1), pp. 179–190.

Ruhansih, D.S. (2017) ‘Efektivitas strategi bimbingan teistik untuk pengembangan religiusitas remaja (penelitian kuasi eksperimen terhadap peserta didik kelas X SMA Nugraha Bandung tahun ajaran 2014/2015)’, QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 1(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Sanjaya, M. W., and Febriandirza, A. (2023) 'Penerapan metode Design Thinking terhadap peningkatan pengalaman pengguna pada sistem akademik UHAMKA', JOISIE (Journal of Information Systems and Informatics Engineering), 7(1), pp. 7-16.

Santoso, M.F. (2022) ‘Implementasi konsep dan teknik UI/UX dalam rancang bangun layout web dengan Figma’, Jurnal Infortech, 4(2), pp. 156–163. Available at: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech156.

Sauro, J. (2018) 5 Ways to Interpret a SUS Score. Available at: https://measuringu.com/interpret-SUS-score (Accessed: 19 March 2024).

Septiani, Y., Aribbe, E. and Diansyah, R. (2020) ‘Analisis kualitas layanan sistem informasi akademik Universitas Abdurrab terhadap kepuasan pengguna menggunakan metode Sevqual (studi kasus: mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru)’, Jurnal Teknologi dan Open Source, 3(1), pp. 131–143. Available at: https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560.

Wibowo, M.R. and Setiaji, H. (2020) ‘Perancangan website bisnis Thrifdoor menggunakan metode pendekatan Design Thinking’, pp. 147–154.

Yindrizal (2021) ‘Dampak penggunaan sistem informasi akademik untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik mahasiswa Universitas Andalas Padang’, Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik (JMPKP), 3(1), pp. 1–13. Available at: https://doi.org/10.36085/jmpkp.v3i1.1433.

Zwart, D.P. et al. (2020) ‘Effects of digital learning materials on nursing students’ mathematics learning, self-efficacy, and task value in vocational education’, Nurse Education in Practice, 44. Available at: https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102755.