Menentukan Aksi Lawan Komputer Pada Game Strategi Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbour
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kemajuan teknologi komputer memperbolehkan berbagai perangkat untuk menyelesaikan komputasi rumit terutama pada bidang industri hiburan dan contohnya adalah game. Game strategi merupakan jenis game yang paling sering diimplementasikan sistem Artificial Intelligence atau AI untuk menirukan tingkah laku manusia saat bermain game. Sistem AI game banyak yang mudah ditebak sehingga pemain cepat bosan, maka dibutuhkan AI adaptif dan sederhana untuk memudahkan pengembang game. K-Nearest Neighbour merupakan algoritma klasifikasi dengan supervised learning, algoritma ini akan digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian menguji tingkat akurasi algoritma dalam menentukan kelas aksi dengan memberikan data sampel yang dibagi menjadi data training dan data uji. Pengukuran tingkat akurasi dihitung menggunakan confusion matrix setelah didapat tabel pengujian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa algoritma K-Nearest Neighbour dapat menentukan aksi lawan komputer dengan baik. Dibutuhkan lebih banyak lagi data sampel sebagai data training untuk meningkatkan tingkat akurasi klasifikasi.
Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
[1]
M. . Freddy dan T. M. S. Mulyana, “Menentukan Aksi Lawan Komputer Pada Game Strategi Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbour”, JuTISI, vol. 8, no. 3, hlm. 537 –, Des 2022.
Terbitan
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.