Implementasi Algoritma $P Point Cloud Recognizer pada Pengenalan Angka Berbasis Game
Isi Artikel Utama
Abstrak
Semakin banyak perangkat memiliki masukan berupa gestur. Mengenali gestur tersebut menjadi semakin dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi. Salah satu metode yang digunakan dalam mengenal gestur adalah Point Cloud Recognizer atau $P. Pengenalan gestur dapat digunakan untuk mengenali tulisan seperti angka atau. Hasil pengenalan ini dapat digunakan untuk edukasi tentang menulis melalui aplikasi, seperti game. Penelitian dilakukan dengan mengimplementasikan $P pada game untuk menunjukkan $P dapat menjadi saran metode yang dapat digunakan dalam pengembangan game yang memerlukan fitur tersebut. Dalam penelitian $P diimplementasi dengan menggunakan game engine Unity dan bahasa pemrograman C#. Data yang digunakan ada 3 set numeral 1 sampai 10 dengan konfigurasi jumlah point pada $P sejumlah 32. Total 100 pengujian dilakukan pada game dengan hasil akurasi 99% dalam pengenalan, menunjukkan bahwa metode $P dapat mengenali gestur tulisan dengan baik.
Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
[1]
M. F. Athar, Y. Yohannes, dan Y. Yoannita, “Implementasi Algoritma $P Point Cloud Recognizer pada Pengenalan Angka Berbasis Game”, JuTISI, vol. 8, no. 3, hlm. 632 –, Des 2022.
Terbitan
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.