Pengaruh Social Presence terhadap Kemampuan Problem Solving dalam Kelompok pada Mahasiswa Universitas X

Isi Artikel Utama

Reghina Hasna Nabilah
Angesti Najwa Maritza Putri
Exa Ilham Illahi
Eva Laelatul Fitri
Whisnu Yudiana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh dari social presence yang muncul dari aktivitas mengaktifkan atau menonaktifkan kamera pada video conference terhadap kemampuan problem solving dalam kelompok. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen yang dipakai adalah Social Presence Scale serta puzzle Tower of Hanoi dengan mengukur reaction time, latensi, dan jumlah gerakan dari kelompok responden (N=79). Hasil analisis mengindikasikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada social presence, reaction time, latensi, dan jumlah gerakan antara kelompok yang mengaktifkan kamera dan kelompok yang tidak mengaktifkan kamera (p>0.1). Hal ini bisa jadi disebabkan oleh adanya perbedaan dalam kecenderungan aktif berpendapat, adanya dominasi individual, dan perbedaan pengetahuan akan masalah. Implikasi dari penelitian ini akan dibahas lebih lanjut di dalam artikel.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nabilah, R. H., Putri, A. N. M., Illahi, E. I., Fitri, E. L., & Yudiana, W. (2023). Pengaruh Social Presence terhadap Kemampuan Problem Solving dalam Kelompok pada Mahasiswa Universitas X. Humanitas (Jurnal Psikologi), 7(1), 11–26. https://doi.org/10.28932/humanitas.v7i1.5992
Bagian
Articles

Referensi

Abdullah, M. H. (2004). Social presence in online conferences: What makes people ‘real’. Malaysian Journal of Distance Education, 6(2), 1-22.

Adedoyin, O. B., & Soykan, E. (2020). Covid-19 pandemic and online learning: The challenges and opportunities. Interactive Learning Environments, 1–13. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1813180

Al-Samarraie, H. (2019). A scoping review of videoconferencing systems in higher education. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 20(3). https://doi.org/10.19173/irrodl.v20i4.4037

Asrin, A. (2022). Metode penelitian eksperimen. Jurnal Maqasiduna: Ilmu Humaniora, Pendidikan & Ilmu Sosial, 2(1).

Balogova, K., & Brumby, D. (2022). How do you zoom?: A survey study of how users configure video-conference tools for online meetings. 2022 Symposium on Human-Computer Interaction for Work. https://doi.org/10.1145/3533406.3533408

Bariyyah, K. (2021). Problem solving skills: Esssential skills challenges for the 21st century graduates. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 71. https://doi.org/10.29210/120212843

Bhadargade, S. L., Mallibhat, K., & Joshi, G. (2020). A study of factors influencing the Problem-Solving skills of engineering students. Journal of Engineering Education Transformations, 33(4), 7–15. https://doi.org/10.16920/jeet/2020/v33i4/143655

Birdwhistell, R. L. (2010). Kinesics and context: Essays on body motion communication. University of Pennsylvania press.

Byrnes, M. M., & Spitz, H. H. (1979). Developmental progression of performance on the Tower of Hanoi problem. Bulletin of the Psychonomic Society, 14(5), 379–381. https://doi.org/10.3758/bf03329485

Castelli, F. R., & Sarvary, M. A. (2021). Why students do not turn on their video cameras during online classes and an equitable and inclusive plan to encourage them to do so. Ecology and Evolution, 11(8), 3565–3576. https://doi.org/10.1002/ece3.7123