PERANCANGAN MEDIA INFORMASI UNTUK MENANGGULANGI KECANDUAN GAWAI PADA ANAK

Isi Artikel Utama

Evelyn Lumanta
Peter Rhian Gunawan
Miki Tjandra

Abstrak

Gawai sebagai teknologi yang banyak digunakan saat ini telah terbukti dapat memberikan dampak buruk pada anak, terutama anak usia dini. Perkembangan anak usia dini merupakan tahap yang vital dan penting bagi proses pertumbuhan anak, dan dapat mengalami kerusakan secara permanen akibat pengaruh penggunaan gawai yang terlalu berlebihan. Banyak orang tua tidak menyadari bahaya tersebut. Maka dari itu, diperlukan sebuah media informasi yang menarik dan jelas bagi para orang tua sehingga dapat dengan bijak mengawasi penggunaan gawai anaknya.Tujuan dari perancangan adalah untuk menyediakan sebuah media informasi yang dapat memperjelas bahaya dari kecanduan gawai dan cara mengatasinya. Melalui penggunaan UI (User Interface)dan UX (User Experience)yang tepat, diharapkan media informasi yang dihasilkan dapat menyampaikan pesan yang jelas bagi para orang tua mengenai masalah kecanduan gawai pada anak. Metode yang digunakan dalam perancangan adalah metode research and developmentsecara kualitatif dengan riset dilakukan melalui studi pustaka, wawancara, survei dan observasi lapangan. Data-data yang ditemukan dipaparkan dan dibuat kesimpulan. Kesimpulan yang didapat digunakan sebagai dasar perancangan media informasi. Hasil akhir perancangan berwujud websitesebagai media yang dapat diakses di berbagai tempat dan ambient mediadengan gaya yang menarik dan mudah dimengerti oleh orang tua yang memiliki anak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lumanta, E., Gunawan, P. R., & Tjandra, M. (2019). PERANCANGAN MEDIA INFORMASI UNTUK MENANGGULANGI KECANDUAN GAWAI PADA ANAK. Serat Rupa Journal of Design, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.28932/srjd.v3i1.1055
Bagian
Articles