Analisis komparatif unsur kinetic typography dalam title sequence film

Isi Artikel Utama

Annisa Luthfiasari
Citra Fadillah

Abstrak

Tipografi yang biasanya berkaitan erat dengan media cetak, kini ekplorasinya sudah merambah ke media digital. Perubahan tersebut mengantarkan tipografi yang biasanya statis, menjadi lebih dinamis. Salah satu bentuk karya tipografi digital yang sering ditemukan yaitu kinetic typography. Kedudukan tipografi sebagai media komunikasi visual dan tekstual menjadi lebih menarik karena unsur gerak dalam kinetic typography menambah unsur makna. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana tipografi mengungkap makna dalam format time-based media. Dalam penelitian ini akan dianalisis tiga title sequence dengan genre yang berbeda yaitu film Monsters, Inc., Se7en, dan Mission: Impossible — Ghost Protocol. Ketiga film tersebut dipilih karena memiliki unsur kinetic typography yang dominan dan memiliki reputasi sebagai karya yang ikonik dari segi visual. Metode analisis komparatif dilakukan dengan membandingkan struktur ketiga title sequence tersebut berdasarkan teori perancangan kinetic typography berdasarkan Bellantoni dan Woolman. Setelah itu dilakukan pula analisis mengenai nilai sematik dari masing-masing title sequence. Penelitian ini ditujukan untuk membedah unsur-unsur yang digunakan dalam perwujudan visual dari suatu title sequence dan bagaimana unsur tersebut dapat membangun makna. Dari proses analisis diketahui bahwa masing-masing genre dari title sequence yang dibahas memiliki variabel unsur yang berbeda yang tentunya memiliki makna tersendiri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi metode perancangan title sequence berdasarkan genre komedi animasi, thriller, dan action.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Luthfiasari, A., & Fadillah, C. (2023). Analisis komparatif unsur kinetic typography dalam title sequence film. Serat Rupa Journal of Design, 7(1), 43–60. https://doi.org/10.28932/srjd.v7i1.5636
Bagian
Articles

Referensi

Bachfischer, G., & Robertson, T. (2005). From movable type to moving type - evolution in technological mediated typography http://hdl.handle.net/10453/2147

Bird, B. (2011). Mission: Impossible – Ghost Protocol T. Cruise, J. J. Abrams, & B. Burk; https://www.youtube.com/watch?v=EVrI9kLsw4c

Brandão, J. A. (2015). Motion Graphics Ergonomics: Animated Semantic System, for Typographical Communication Efficiency. Procedia Manufacturing, 3, 6376-6379. https://doi.org/https://10.1016/j.promfg.2015.07.964

Brownie, B. (2014). Transforming Type. New Directions in Kinetic Typography. Bloomsbury Publishing.

Byrne, B., & Braha, Y. (2010). Creative Motion Graphic Titling. Titling with Motion Graphics for Film, Video, and the Web. Routledge.

De Anda, M. C. (2009). Tomorrow is forever: examining narrative structure and cultural archetypes in three Mexican telenovelas The University of Alabama]. https://ir.ua.edu/handle/123456789/557

Docter, P. (2001). Monsters, Inc. D. K. Anderson; https://www.youtube.com/watch?v=FCfv5P8GXU4

Fincher, D. (1995). Se7en A. Kopelson & P. Carlyle; https://www.youtube.com/watch?v=-BJkDyCdw0c

Forlizzi, J., Lee, J., & Hudson, S. (2003). The kinedit system: affective messages using dynamic texts. CHI '03: Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems,

Hitchcock, A. (1958). Vertigo A. Hitchcock;

Hitchcock, A. (1960). Psycho A. Hitchcock;

Hostetler, S. C. (2006). Integrating Typography and Motion in Visual Communication

Krasner, J. (2008). Motion Graphic Design: Applied History and Aesthetics. Elsevier.

Leeuwen, T. v., & Djonov, E. (2015). Notes towards a semiotics of kinetic typography. Social Semiotics, 25(2), 244-253. https://doi.org/10.1080/10350330.2015.1010324

Luthfiasari, A., Haswanto, N., & Mutiaz, I. R. (2019). Potensi kinetic typography sebagai media informasi. Wimba: Jurnal Komunikasi Visual, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.5614/jkvw.2019.10.2.2

Turgut, O. P. (2012). Kinetic typography in movie title sequences Procedia: Social and Behavorial Sciences, 51, 583-588.

Woolman, M. (2002). Sonic Graphics Seeing Sound (New Ed ed.). THAMES HUDSON.

Woolman, M., & Bellantoni, J. (2000). Moving Type: Designing for Time and Space. Rotovision.